Pages - Menu

Senin, 05 Januari 2015

Brownies Kukus Keju Pak Sahak


Bismillah....

Saya baru saja membeli klakat, karena saya tidak punya kukusan yang berdiameter besar, dan saking penasarannya sama resep brownies kukus, juga resep-resep lain yang memerlukan kukusan berdiameter besar saya niatin untuk membeli klakat ini hehehe...(foto klakatnya tapi ga ada yang full :p)




Untuk memuaskan rasa penasaran saya brownies kukus keju resep Pak Sahak ini menjadi percobaan pertama saya untuk menguji klakat baru saya. Kenapa mesti brownies yaaa???karena membuat brownies ini mudah banget, dan matengnya pun cepat, terus kenapa mesti keju yaaa???jawabannya....karena saya mau menghabiskan sisa cream cheese yang ada di kulkas :p, resep ini menggunakan cream cheese  cukup banyak, dan rasanya ngejuuuu bingits...untuk pecinta keju ini resep yang harus dicoba looh!!!

Di beberapa resep yang saya lihat banyak yang membagi brownies ini menjadi dua loyang atau dibelah saat sudah dingin dan dilapisi dengan selai blueberry/ strawberry, tapi karena saya ingin yang simpel-simpel aja jadi cuma saya tambahin choco chips untuk hiasannya (emang dasarnya males juga sih...).

Setelah matang brownies ini teksturnya lembuuut sekali, saya sudah menunggu untuk sedikit dingin sebelum dipotong, namun entah karena kurang lama menunggu dalam proses pendinginan  atau kurang lama dalam proses mengukus, bagian tengah dari brownies ini masih lembek jadi merusak tampilannya ketika dipotong, saya belum mencoba lagi resep ini, mungkin setelah percobaan yang kedua akan lebih baik, untuk melihat resepnya silakan dilihat dibawah ini yaaa...



BROWNIES KUKUS KEJU PAK SAHAK
Sumber : Blog Camelia@Home

Bahan A : 
3 btr telur 
100 gr gula pasir
 1 sdm TBM (saya pakai Quick) 

Bahan B : 
60 gr tepung terigu 
20 gr tepung maizena 
1 sdt garam 40 gr susu bubuk 

Bahan C : 
250 gr cream cheese (atau satu resep cream cheese gadungan--> resep dibawah) 
50 – 100 gr butter (saya 100 gr) 

Kalo saya, tambah coklat chip untuk taburan

Cara Membuat : 
1. Kocok bahan A sampai mengembang. (sampe bener-bener kental dan berpita ya..)
2. Masukan bahan B lalu aduk sampai rata. 
3. Kocok bahan C sampai halus kemudian masukan keadonan lalu aduk sampai rata. Taburkan coklat chip.
4. Tuang keloyang lalu kukus kurang lebih 20 menit, atau tusuk dengan tusuk gigi, jika bersih berarti sudah matang.

CREAM CHEESE GADUNGAN by Vivi Liong 


Bahan : 
150 gr keju cheddar parut 
100 ml susu cair 
Karena saya masih memiliki Cream Cheese 100gr resepnya saya modifikasi menjadi 150gr (90gr keju cheddar, 60ml susu cair 60:40)

Caranya : 
Panaskan susu cair, masukkan keju parut, aduk rata hingga halus (keju larut dan menyatu dengan susu), angkat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar