Pages - Menu

Rabu, 05 November 2014

Tester 2 Kue Kering Kismis dengan Choco Chips (Late Post Again)

Saya sering sekali mencari inspirasi dengan browsing di internet, kebetulan saat saya browsing saya menemukan blognya Mba Endang, Just Try & Taste. Di blog ini saya menemukan banyak informasi yang sangat berguna bagi pemula seperti saya, salah satunya tentang membuat kue kering.

Salah satu resep kue kering yang membuat saya tertarik untuk mencoba adalah Kue Kering Kismis dengan Choco Chips, karena cara membuatnya yang menurut saya sangat simple dan mudah resepnya sebagai berikut :

Kue Kering Kismis dengan Choco Chips


Untuk sekitar 60 buah cookies diameter 3 -4 cm

Bahan:

- 240 gram mentega atau margarine

- 200 gram gula pasir 

- 2 butir telur suhu ruang

- 2 sendok teh vanila ekstrak

- 260 gram tepung terigu protein rendah

- 1/2 sendok teh baking powder double acting

- 1/2 sendok teh baking soda

- 1/4 sendok teh garam, skip jika anda telah menggunakan mentega jenis salted butter

- 300 gram chococolate chips

- 400 gram campuran buah kering (saya menggunakan kismis ), cincang kasar


Cara membuat: Siapkan oven, set disuhu 170'C api atas bawah. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang datar untuk memanggang kue kering. Alasi permukaan loyang dengan kertas baking. Sisihkan. 
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, baking powder, baking soda dan garam, aduk rata. Sisihkan. 

Siapkan mikser, masukkan mentega dan gula pasir. Kocok dengan speed sedang hingga lembut, berwarna pucat dan kembang. Tambahkan satu butir telur, lanjutkan mengocok hingga telur tercampur dengan baik kemudian masukkan telur kedua dan kocok hingga menjadi adonan yang smooth. Memasukkan telur satu persatu ke kocokan mentega seperti ini dan memberikan kesempatan telur tercampur dengan baik sebelum memasukkan telur berikutnya akan mencegah adonan mentega menjadi pecah dan bergerindil. 

Masukkan vanilla ekstrak, kocok sebentar hingga tercampur baik.  Matikan mikser dan tuangkan adonan ke wadah lainnya. Masukkan tepung terigu ke dalam kocokan mentega+gula dengan cara diayak, aduk dengan spatula secara perlahan hingga tercampur baik. 


Tambahkan buah kering dan choco chips, aduk rata dengan perlahan. Jangan over mixing, jika adonan sudah tercampur baik segera hentikan mengaduk. Over mixing akan menyebabkan kue menjadi keras. 
Masukkan adonan ke dalam kulkas selama 15 menit, tujuannya supaya adonan mengeras sehingga mudah dicetak dengan sendok dan mencegah adonan meleber ketika dipanggang. 
Ambil adonan menggunakan sendok teh, jatuhkan ke loyang. Beri jarak antar adonan agar ketika kue melebar tidak saling bersentuhan satu dengan lainnya. 

Panggang kue selama 25 - 30 menit hingga permukaannya mengeras, berwarna kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, diamkan hingga kue mendingin di loyang.

Hasilnya seperti ini


Saat saya membuat kukis ini saya lupa membeli kismis, kebetulan saya memiliki persediaan kismis untuk anak saya (loh kok pake punya anaknya :p) ya tapi jumlahnya ga sebanyak resep, jadinya hasilnya seperti gambar di atas deh...jadi cuma kliatan choco chipsnya aja..

Bagi saya kesulitannya adalah pada saat mencetak adonan kukis, karena kukis ini menggunakan butter, sedangkan butter itu kan ga boleh lama2 ada di suhu ruang...sedangkan saya membutuhkan waktu untuk mencetaknya, padahal ini jenis drop kukis loh, yang sebenarnya cuma di jatohin aja ke loyang, yah karena saya aga' perfeksionis makanya jadi aga lama hehe...Untuk rasa kata orang2 yang ngerasain tester saya katanya c enak, saya langsung mendapatkan tiga orderan untuk kukis ini loh hehe

Order dari temen kantor suami







 Jenis kukis ini setelah sering di praktekkan akan sangat mudah dibuat, selamat mencoba yaa....
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar