Pages - Menu

Rabu, 10 Desember 2014

Macaroni Schotel Edisi Late Post


Bismillah....

Belakangan ini saya tiba-tiba jadi ga sempet nulis blog lagi, ntah kenapa adaaa aja yang membuat saya ga sempet nyentuh blog, akhirnya saya keteteran sendiri ni banyak tulisan yang belum saya posting huff...

Untuk postingan kali ini seharusnya di bulan November, karena saya buatnya untuk memperingati hari pernikahan saya yang ke dua cuit..cuittt ,  saya belum pernah menyimpan resep macaroni ini takutnya resep ini hilang karena saya ngeprint dari hasil searching di mbah google, dan sekalian juga siih promosi siapa tauuu ada yang mau order hehehe...waktu itu sempet buat tester di kantor suami tapi karena satu dan lain hal baru laku 1 pcs...yang lainnya malah di makan sama suami, itu juga sempet nginep di kulkas kantornya hiks...(saya cuma buat tester 5 pcs siihh...)

Macaroni schotel ini merupakan hidangan yang paling sering saya buat, sudah beberapa kali saya mencobanya dan beberapa kali pula saya memodifikasi isian dari macaroni ini, menurut saya akan lebih terasa lebih enak jika bubuk pala yang diberikan aga banyak dan menggunakan daging giling instead of kornet.

Oia sejak saya ikut beberapa tantangan saya jadi sering latihan foto-foto hasil masakan saya, yaaah walaupun masih pakai kamera hp tapiii lumayan lah, ga jelek-jelek amat, mudah-mudahan tampilan blog saya bisa lebih cantik lagi yaa...



Macaroni Schotel

Resep ini menghasilkan 2 loyang 20 x 20 cm atau 20-25 cup (tergantung ukuran cupnya)

Bahan :
250 gr macaroni elbow, rebus 3/4 matang lalu angkat dan tiriskan
200 gr keju chedar, potong dadu (diparut juga boleh)
198 gr /1 kaleng kornet (saya ganti dengan daging giling)
100 gr daging sapi giling (saya ganti smoked beef)
Aduk rata :
600 ml susu cair full cream (saya pakai fresh cream 200 ml sisanya susu full cream)
5 butit telur, kocok lepas


Bumbu :
1 buah bawang bombay (ukurannya disesuaikan dengan jumlah daging), potong kecil-kecil
2 siung bawang putih, cincang halus
2 sdt kaldu bubuk rasa sapi (optional saya ga pakai)
Gula pasir secukupnya
Bubuk merica dan pala sesuai selera
Margarin untuk menumis

Topping :
1 sdm margarin (tapi lebih enak jika menggunakan mentega)
2 sdm tepung terigu
250 ml susu cair
100 gr keju parut, bisa menggunakan keju chedar atau mozarella (saya pakai Kraft Quick Melt)
Garam, merica secukupnya

Cara membuat :
1. Panaskan kukusan, lapisi tutupnya dengan serbet untuk mencegah air menetes ke dalam kukusan
2. Tumis bawang sampai wangi, masukan daging giling dan smoked beef. Lalu masukan bumbu, cicipi dulu yaa...
3. Masukan makaroni ke campuran susu dan telur, aduk rata. Lalu masukan tumisan daging, aduk rata kembali. Masukan keju, aduk rata, kemudian tuangkan ke wadah tahan panas atau alumunium foil, masukan ke dalam kukusan dan kukus selama 15 menit (jika menggunakan wadah yang lebih besar waktu kukus akan lebih lama)
4. Sementara mengukus, siapkan topping, lelehkan margarin, masukan terigu aduk cepat sampai rata. Kemudian tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat agar tidak menggumpal. Tambahkan garam dan merica.
5. Keluarkan makaroni dari kukusan, lalu tuangkan topping, dan taburi keju. Panggang dengan oven dengan suhu 150 derajat celcius hingga kecoklatan.

Setelah matang potong-potong sesuai selera, siap disantap deeh...enaknya pakai saus tomat dan sambal, sajikan ketika hangat lebih enak.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar