Pages - Menu

Jumat, 30 Januari 2015

Pisang Molen/Bolen tantangan KBB#44



Bismillah,

Setelah beberapa minggu akhirnya saya menulis lagi, maklum keasyikan jalan-jalan hehehe, sebenarnya saya sudah membuat resep ini hampir 3 minggu yang lalu dan langsung berhasil horeee!!! oleh karena itu dengan PD-nya saya pamerin di DP BB n sosmed yang saya punya, ga nyangka temen saya langsung ada yang memesan, dan dilanjutkan mama saya yang juga minta dibuatkan 2 resep untuk dibawa jalan-jalan ke Lombok minggu lalu fiuhhh...makanya saya ga sempet-sempet ni laporan ;p

Proses pembuatan pisang molen ini menurut saya cukup mudah walaupun ada beberapa step yang membutuhkan kesabaran, menggiling adonan dengan roling pin tepatnya, dengan beberapa resep yang sudah saya uji cobakan resep dengan menggunakan tepung terigu serbaguna ini yang paling mantap, dalam percobaan saya minggu lalu saya juga pernah menggunakan tepung terigu protein tinggi, memang sangat elastis dan memudahkan dalam membungkus pisang namun ketika dipanggang hasilnya kurang renyah, & malah menjadi sedikit seperti roti, tapi herannya teman saya malah lebih suka yang seperti itu hmm selera orang memang beda-beda yaah.

Saat melipat adonan pun ternyata cukup tricky, adonan harus pas ketebalannya dan juga harus cukup lebar untuk membungkus pisang, bagian ini harus dipraktekan sendiri karena susah diterangkan dengan kata-kata, anyway saya cukup puas sih dengan hasil pisang molen buatan saya ini, yaaah walaupun tetap harus banyak latihan supaya bisa sempurna....molennya renyah, harum dan matang sempurna (jika menggunakan loyang tahan panas dari kaca) saya masih kesulitan mematangkan bagian bawahnya jika menggunakan loyang alumunium biasa padahal waktu memanggangnya sudah saya tambah. Berikut resepnya yaaah, cekidot!!!


KBB#44 Pisang Molen (khas Indonesia)
By Ariesta Mikdar Gunawan

Bahan kulit A
100gr tepung trigu all purpose
1sdm minyak goreng
80gr margarin
Bahan kulit B
300gr tepung trigu all purpose
50gr gula halus/gula kastor
100gr margarin
100ml air dingin dari kulkas
1/4sdt garam halus
1/4sdt vanili bubuk
Bahan isian
10buah pisang raja/pisang tanduk yang manis, kukus dan potong melintang 4cm kemudian belah menjadi 2
100gr keju cheddar potong memanjang menjadi seukuran pisang sebanyak 20buah
50gr coklat beras/messes

Bahan olesan :
1butir kuning telur
1sdm mentega cair
Cara membuat :
1. Buat adonan kulit A, yaitu campur smua bahan dan aduk dengan spatula/sendok kayu sampai merata kemudian bagi menjadi 20, bulatkan
2. Buat adonan kulit B, sama campurkan smua bahan kemudian uleni sampai kalis dan bagi menjadi 20bagian, bulatkan
3. Ambil 1 adonan B, gilas agak tipis menjadi segiempat, letakkan 1adonan A diatasnya. Lipat seperti amplop sehingga A tertutup kemudian rapihkan menjadi bulat kembali. Lakukan untuk kesemua 20adonan
4. Ambil 1 adonan (gabungan A dan B tersebut) dan tipiskan lagi menjadi persegi panjang, gulung/lipat ke dalam dari sisi yang pendek, gilas tipis lagi, dan ulang  hingga  3 kali proses.   Kerjakan smua adonan dan akhiri dengan bentuk gulungan/lipatan. Biarkan beristirahat kurang lebih 30menit
5. Sementara itu panaskan oven pada suhu 180C dan siapkan loyang, poles dengan margarin, beri kertas dan poles lagi
6. Ambil 1 gulungan adonan yang telah diistirahatkan, buka gulungan/lipatannya, gilas tipis menjadi segiempat samasisi. Letakkan sepotongpisang, messes, keju dan tutup dengan pisang lagi. Lipat seperti amplop  atau martabak telur mini. Kerjakan sampai habis adonan, kemudian oles permukaannya dengan kuning telur
7. Panggang selama kurang lebih 60menit, sesaat setelah matang, poles pisang molen dengan mentega cair tipis-tipis. Selesai deh, mari makaann!!! yumyum...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar