Pages - Menu

Senin, 22 Desember 2014

LatBar Macaroons with Pak Sahak


Bismillah,

Akhir November yang lalu saya iseng-iseng pengen ikutan latihan bareng, yaah pengen ngerasain serunya kaya apa dan pengeng punya temen baru juga....kebetulan banget waktu itu ada yang posting di facebook, lupa tapi dimananya latbarnya bertema macaroons sama Pak Sahak pula, ya sudahlah saya cari tau tempatnya itu dimana....ternyata di pondok kelapa Bekasi wakwaaw...tapi karena sudah bertekad mau ikutan latbar saya putuskan untuk mendaftar, murah pula biaya adminnya.

Beberapa hari sebelum hari H saya sudah sibuk googling cari petunjuk arah menuju kesana, karena saya mengendarai mobil sendiri, dan jauh-jauh hari saya sudah berpesan pada suami untuk menjaga anak saya yang masih batita ituh ketika saya latbar nantinya. Dengan bermodalkan GPS pada saat hari H saya PD banget menuju tempat latbar....ternyata eh ternyata ketika saya sampai di lokasi contact person yang saya hubungi HP-nya tidak aktif, alamat yang saya cari sudah di depan mata hanya saja blok dari rumahnya yang tidak ketemu, saya sempet bingung, dan saya coba lagi untuk menghubungi dia lagi, akhirnya tersambung juga....contact person acara tersebut meminta maaf kepada saya karena dia lupa memberi tahu bahwa ada perubahan tempat acara hadeeehhh...saya sudah makin bt aja, namun karena niat saya ingin belajar saya langsung menuju tempat yang disebutkan, untungnya ga pakai nyasar.

Sesampainya saya disana waktu sudah menunjukkan jam 10 lewat sedikit, tapi ko yaa...pesertanya hanya 3 orang dengan saya, saya tanya-tanya ternyata yang lain belum datang, yang parahnya lagi contact person yang mengadakan acara tersebut baru menjemput Pak Sahak (Esmosi saya pun semakin tersulut, namun saya tetap berusaha sabar..). Singkat cerita acara baru dimulai pukul 12 siang lewat hufff.... Walaupun awalnya kurang berkesan, tapi yah saya tetap mendapat ilmu tentang cara membuat macaroons dan tidak lupa tambah teman juga hehe...

Oia sepertinya panitia penyelenggara latbar ini masih pemula jadi wajar lah banyak kekurangan...resep pun saya catat sendiri looh, untuk pembuatan macaroons caranya aga sedikit rumit, jadi harus sering latihan agar hasilnya sempurna, bahan yang digunakan juga aga mahal, jadi pastikan ikuti step-stepnya agar tidak gagal,kalau saya sih aga-aga males kalau disuruh membuat macaroons ini, walaupun harga jualnya mahal tapi rasanya manis bingits (itu sih karena saya ga terlalu suka manis :p) berikut resep macaroons dan cara pembuatannya yaa...

Macaroons

Siapkan silpat/baking paper, kemudian loyang 30x40cm, taruh pola macaroons (sudah disediakan foto copinya pada saat saya latbar) diatas loyang dan kemudian tutup dengan silpat. Preheat oven 150 derajat celcius.

Bahan :

90 gr Almond bubuk, sangrai terlebih dahulu sebelum digunakan
75 gr Putih telur, yang sudah didiamkan 2 hari
125 gr Icing sugar merk Fiesta
4 gr Egg white powder, pengganti cream of tartar
40 gr gula pasir halus
Pewarna makanan sesuai selera (disarankan menggunakan American Color/Wilton supaya warnanya bagus)

Cara Membuat :


  • Campurkan almond bubuk dengan icing sugar, kemudian blender (menggunakan grinder) sebentar, setelah selesai lalu disaring menggunakan saringan yang aga kasar, sisihkan
  • Kocok putih telur dengan bubuk egg white, kemudian masukan gula halus sedikit demi sedikit, kocok sampai kaku (jika di tuang tidak tumpah), lalu teteskan pewarna.
  • Campurkan adonan putih telur tersebut dengan adonan almond, caranya adonan putih telur disiram-siram dengan campuran almond hingga merata, lalu aduk balik, setelah rata baru adonan putih telur tersebut boleh dipecah dengan cara ditekan sedikit (step ini sangat menentukan keberhasilan pembuatan macaroons)
  • Setelah semuanya tercampur rata taruh adonan sesuai cetakan di loyang, kemudian DIJEMUR 30 mnt (nah loh ko dijemur) hal ini di karenakan iklim di Indonesia lembab jadi adonan harus dikeringkan terlebih dahulu. Kalau cuaca mendung bisa ditaruh diruangan yang ber-AC kurang lebih 1 jam.
  • Setelah kering (sentuh adonan untuk merasakan teksturnya) masukan loyang ke dalam oven selama 20 mnt, jangan sampai kelamaan ya..nanti warnanya berubah mnjadi aga kecoklatan
Fresh from the oven

Untuk fillingnya menggunakan resep Swis Meringue Butter Cream

Bahan Filling :

- 200 gr gula pasir
- 4 buah putih telur
Campurkan dengan cara di tim (double boiler) aduk terus selama 5-10 mnt, sampai gula larut

- 125 gr mentega putih merk Australia
- 125 gr unsalted butter dingin

Setelah putih telur panas dan gula larut (biasanya mengaduk sudah mulai agak berat), angkat dan kocok dengan mixer sampai kaku dan mengkilat. Perhatikan panas bawah bowl. Jika msh panas bisa dibantu mendinginkan dengan ditaruh es dibawah bowl sebentar saja. Supaya pada saat mentega masuk ga mencair. Kalau sudah kaku dan mengkilat meringuenya bisa dimasukan mentega sedikit demi sedikit kocok sampai rata dan fluffy. Butter cream siap digunakan.

Note :

- Jika ingin menggunakan putih telur segar untuk membuat macaroons, caranya pisahkan putih telur dan timbang sesuai resep, kemudian campurkan dengan gula lalu di tim sambil terus diaduk sampai larut (suhu tidak boleh panas)
- Macaroons dapat disimpan di dalam freezer, caranya letakan dalam wadah tertutup, yang sudah dilapisi dengan tissu, gunanya agar ketika dingin macaroons tidak menjadi lembab
- Jika memanggang dengan oven listrik, gunakan api bawah, dan letakan loyang kosong sebagai alas agar panas tidak terkena langsung loyang yang berisi adonan macaroons

Tidak ada komentar:

Posting Komentar