Pages - Menu

Sabtu, 03 Januari 2015

Banana Muffin



Bismillah,

Sudah lama sekali saya ingin membuat muffin, karena kue ini termasuk kue favorit saya, rasanya tidak terlalu manis dan cukup mengenyangkan, sebenarnya muffin dan cupcake itu mirip namun berbeda dalam teknik pembuatannya, tapi saya tidak akan membahas tentang perbedaanya ya...

Tema muffin yang akan saya buat ini adalah pisang, mengapa pisang.....karena eh karena saya masih penasaran aja sama buah ini, kalau dibuat muffin jadi seperti apa yaa..resep saya kali ini masih dari blog just try & taste, saya suka akan resep-resepnya mba Endang, karena simpel dan ada step-step pembuatannya yang memudahkan pemula seperti saya.Oh ya...sebelum kelupaan, selamat tahun baru 2015 ya....semoga tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

Saya membuat muffin ini untuk sarapan anak saya dan juga keluarga, yah walaupun untuk orang indonesia biasanya belum makan kalau belum makan nasi katanya, tapi lumayan mengenyangkan ko'...ayo mari kita coba!!



Muffin Pisang (Banana Muffin)
sumber resep dari blog Just Try and Taste

Untuk 18 buah muffin, garis tengah 5 cm (saya lupa berapa muffinnya karena langsung dimakan ketika baru mateng, tidak sempet menghitung ;p)

Bahan:
- 190 gram tepung terigu serba guna (saya menggunakan segitiga biru)
- 1/2 sendok teh baking soda (bisa skip jika tidak suka rasa baking soda dan takaran untuk baking powder ditambahkan 1/2 sendok teh)
- 1 1/2 sendok teh baking powder double acting dan pastikan fresh (belum expired)
- 1/2 sendok teh garam halus
- 3 buah pisang yang benar-benar matang (saya menggunakan pisang ambon)
- 150 gram gula pasir
- 1 butir telur ayam
- 75 gram mentega/margarine, cairkan
- 1/2 sendok teh kayu manis bubuk

Cara membuat:
Siapkan oven, set di suhu 190'C, lapisi loyang muffin dengan mentega dan tepung atau jika menggunakan kertas cup maka masukkan kertas cup ke dalam cetakan muffin atau cetakan cupcake seperti yang saya lakukan. Sisihkan.

Haluskan pisang, saya menggunakan blender hingga menjadi adonan yang benar-benar halus. 

Siapkan mangkuk, ayak tepung terigu, baking soda, baking powder, garam dan kayu manis bubuk. Sisihkan.

Cairkan mentega, biarkan agak mendingin, agar tidak membuat telur menjadi telur setengah matang ketika dicampur.

Dalam mangkuk terpisah, kocok lepas telur dengan menggunakan garpu atau hand wisk. Kocok sebentar saja. Masukkan gula pasir, pisang halus dan mentega cair, kocok hingga tercampur rata.

Masukkan tepung terigu ke dalam larutan pisang & telur, aduk pelan hanya agar tercampur dan menjadi adonan basah saja. Jangan terlalu lama mengaduk, jika masih ada tepung yang menggumpal, biarkan. Saat muffin dipanggang adonan akan tercampur sendiri. Terlalu lama mengaduk akan membuat muffin menjadi bantat.

Masukkan muffin ke dalam cetakan atau kertas cup, tinggi adonan 3/4 cetakan saja. Muffin akan mengembang saat di panggang. Jika adonan terlampau penuh hingga ke mulut cetakan maka ketika mengembang akan meluber ke luar,  muffin menjadi terlihat kurang cantik.

Panggang selama 20 - 25 menit, atau jika kita tusuk bagian tengah kue tidak ada adonan yang menempel di lidi. Keluarkan dari oven. Disantap ketika hangat akan jauh lebih nikmat.

Muffin dapat disimpan hinnga 2 minggu loh, caranya simpan muffin dalam wadah yang kedap udara lalu taruh di freezer.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar