Pages - Menu

Senin, 29 Desember 2014

Brownies Pisang


Bismillah...

Beberapa waktu lalu saya membeli pisang untuk anak saya, karena dia suka sekali makan pisang, tapiiih mungkin karena sudah bosan jadinya pisangnya ga mau dimakan....saya browsing-browsing aja untuk mencari ide, eh ketemu blognya Mba Endang Just Try & Taste, di blognya ada resep brownies pisang yang di kukus, jadilah saya penasaran dan ingin mencoba resep ini.

Resep ini menggunakan loyang ukuran 20x20cm , karena saya tidak memiliki kukusan yang berdiameter sebesar itu yaa jadinya saya panggang aja browniesnya.....untuk tingkat kesulitan menurut saya cukup mudahlah bagi pemula seperti saya, apalagi tidak perlu menggunakan mikser dan tinggal cemplung-cemplung aja, Hasilnya wow enak banget deh, rasa pisang berbalut coklat yang legit-legit gimana gitu...langsung aja resep brownies ini jadi favorit saya, teksturnya ga sebantet brownies biasa aga berongga, mungkin karena penggunaan baking powder double acting ya...saya juga ga gitu ngerti hehe maklum deh namanya juga pemula ;p

Kalau menurut saya sih brownies ini ga begitu manis..pas lah, tapi lain lagi kalau keluarga saya yang bilang...masih terlalu manis, repot deh kalau sekeluarga ga hobby sama yang manis-manis, padahal saya juga ga terlalu suka manis looh, yah kalau mau tau rasanya seperti apa, cekidot ya resepnya dibawah ini.



Brownies Pisang


Bahan: 
- 150 gram dark cooking chocolate/coklat hitam masak
- 125 gram gula pasir 
- 3 sendok makan mentega/margarine suhu ruang
- 2 sendok teh vanilla extract atau 1/2 sendok teh vanili bubuk (jika menggunakan vanili bubuk, ayak bersama tepung terigu) 
- 300 gram pisang ambon/cavendish/raja , haluskan dengan garpu (saya menggunakan pisang ambon 2 1/2 buah)
- 2 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
- 100 gram tepung terigu serba guna
- 1/2 sendok teh baking powder,  gunakan yang double acting.  
- 20 gram coklat bubuk (saya menggunakan merk windmollen)
- 1/2 sendok teh garam

Cara membuat:
Siapkan loyang ukuran 20 x 20 cm olesi dengan mentega dan alasi bagian dasarnya dengan kertas minyak. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam, aduk rata. Sisihkan.

Siapkan mangkuk tahan panas (kaca atau alumunium), letakkan mangkuk diatas panci berisi air mendidih. Masukkan coklat blok ke mangkuk, dan panaskan dengan api kecil menggunakan teknik double-boiler (tim) hingga coklat meleleh. Angkat dari api. 

Aduk coklat dengan spatula balon hingga smooth, tambahkan gula pasir, mentega/margarine, dan vanilla ekstrak, aduk hingga semua bahan larut dan menjadi halus. Jika terlalu kental panaskan sebentar di panci berisi air mendidih hingga menjadi agak lumer. 

Tuangkan coklat leleh ke dalam mangkuk yang agak besar, masukkan puree pisang ke dalamnya, aduk rata. Tambahkan telur kocok, pastikan coklat tidak panas saat menambahkan telur agar telur tidak matang. Aduk hingga adonan halus.

Masukkan tepung dalam tiga tahapan, aduk perlahan dengan spatula hingga rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya sebesat 180 derajat celsius. Panggang kue selama 25 - 30 menit atau hingga brownies matang dan tidak lengket saat di tusuk dengan lidi. Keluarkan dari dalam oven, diamkan selama 10 menit, lalu keluarkan dari loyang dan dinginkan di cooling rack. Potong-potong sesuai selera...Bon Apetite!!! 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar