Pages - Menu

Senin, 24 November 2014

Strawberry Cheesecake Fudgy Brownies


Bismillah..

Ceritanya beberapa waktu lalu saya membeli cream cheese untuk membuat  frosting cupcake tapi karena belum sempat2 dan ada event NCC Brownies Week saya memutuskan untuk membuat brownies dengan menggunakan cream cheese hehe...

Walaupun masih belum memuaskan hasilnya semoga dapat diterima ya...

Resep ini terinspirasi dari blog Sally's Baking Addiction(Raspberry Cheesecake Brownies) dengan sedikit modifikasi dari saya.

Berikut resepnya :

• 115 gr unsalted butter
• 228 gr semi-sweet chocolate -> saya gunakan dark cooking chocolate
• 250 gr gula pasir -> saya ganti dengan 150 gr gula pasir (diblender sebentar) & 50 gr gula palem
• 3 telur ukuran besar
•1 sdt vanilla extract -> saya gunakan esens vanili
• 95 gr tepung terigu serbaguna
• 1/4 sdt garam

Untuk Lapisan Cheesecake-nya

• 224 gr cream cheese, suhu ruang
• 50 gr gula
• 1 kuning telur
• 80 gr selai raspberry -> saya gunakan selai strawberry
• raspberry untuk toping -> tidak saya gunakan

> Campur semua bahan, aduk dengan mixer dengan kecepatan sedang hingga rata (kurang lebih 1 mnt)

Cara Membuat :
1. Siapkan loyang ukuran 11 x 7 inch (saya gunakan 20 x 20 cm), alasi dengan baking paper. Pre heat oven pada suhu 180 derajat C.
2. Lelehkan coklat dan mentega dengan cara di tim di wadah yang berada diatas panci berisi air. Setelah meleleh dan tercampur rata diamkan hingga dingin/ suhu ruang (15 mnt) atau bisa dimasukan ke kulkas sebentar untuk mempercepat proses pendinginan.
3. Sementara menunggu campuran cokelat dingin aduk telur dengan gula menggunakan hand wisk. Setelah lembut, masukan secara berurutan: campuran cokelat aduk rata, essens vanili aduk rata.
4. Terakhir masukan tepung dan garam, aduk perlahan. JANGAN over mix!
5. Tuang dalam loyang yang telah disiapkan, sisakan 1/4 cup adonan coklat (80 gr). Kemudian tuang adonan cream cheese, dan teteskan adonan cokelat di beberapa tempat dengan merata, dan buat "swirl" dengan ujung pisau atau sumpit.
6. Panggang sekitar 35-45 menit (saya 25-30 menit). Tes dengan tusuk gigi di tengah brownies, jika bersih tidak ada yang lengket berarti sudah matang.
Pastikan brownies dalam kondisi yang benar-benar dingin (suhu ruang) sebelum dipotong.

Resep ini menghasilkan 16 potong brownies yang nyoklat n fudgy banget tapi ga terlalu manis (menurut saya ;p)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar