Pages - Menu

Senin, 17 November 2014

Kursus membuat Ombre & Rainbow Cake n' Cake In Jar NCC

Say Cheese

Minggu lalu saya mengikuti kursus lagi di NCC Matraman, tujuannya selain pengen cepet bisa adalah supaya lebih cepet kliatan hasilnya, kan kalau nyobain resep satu per satu bakalan lama banget bisa keliatannya, apalagi saya kan punya bocil yang ga bisa diem (loh ko malah curcol :p). Tema kursus kali ini adalah membuat Ombre Cake, Rainbow Cake n Cake in Jar.

Saya kali ini ga masukin resepnya ya...abis tiga resep masing-masing panjang-panjang bener, saya cuma mo cerita-cerita aja hehe sambil pamer foto (narcis dikit boleh dong). Cake yang dibuat base-nya adalah sponge cake, sponge cake merupakan cake yang sering digunakan sebagai dasar kue tart (decorating cake) teksturnya berongga agak kasar, dan apabila dipotong cenderung remahannya akan terjatuh, untuk resep membuat sponge cake-nya bisa dilihat di sini yaa.

Proses awal pembuatan masing-masing cake ini adalah dengan membuat layer atau lapisan cake-nya satu per satu, untuk rainbow cake dibuat sesuai dengan warna pelangi, namun dikurangi satu warna yaitu, merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu, jadi total layer yang dibuat sejumlah 6 lapis, Bu Fatmah menggunakan pasta dengan perasa buah merk Golden Brown pasta ini sudah menyediakan paket untuk rainbow cake loh, jadi tinggal beli aja kalau mau buat...Lalu untuk ombre cake juga sama prosesnya namun ombre cake menggunakan satu pewarna saja dan dibedakan volume penggunaannya per lapisan, untuk ombre cake kita membuat lima lapis cake. Sedangkan untuk cake in jar dibuat dua resep, yang pertama rasa coklat, dan yang kedua rasa moka tiramissu..masing-masing dibuat terlebih dahulu cake-nya.

Setelah membuat adonan cake dan diberi pewarna (untuk rainbow n ombre cake), baru kemudian kita buat filling-nya atau adonan untuk melapisi setiap layer cake tersebut, filling terbuat dari campuran butter cream (merk holland ready to use) dan cream cheese bisa ditambah gula ataupun tidak...oia sebelum melapisi dengan filling cake harus diberi simple syrup terlebih dahulu ya agar lebih lembab dan menyatu.

Hasilnya seperti ini ya...mohon maaf tidak memberikan resepnya 

Ombre Cake

Rainbow Cake
Peserta

Cake In Jar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar