Pages - Menu

Minggu, 09 November 2014

Tantangan Klub Berani Baking #43 : Mexican Buns aka Rotiboy


Saya sangat tertarik dengan baking, oleh karena itu saya mencoba ikut klub yang berhubungan dengan baking, kebetulan saya lihat logo Klub Berani Baking di salah satu blog, dan saya mencoba untuk mendaftar, ternyata eh ternyata ada syaratnya loh dan beberapa tata tertib yang harus dipatuhi, salah satunya adalah untuk menjadi member kita harus lulus 2(dua) tantangan pracoba dulu...eng ing eng!!! Nah ini adalah tantangan pracoba pertama saya, yaitu membuat "Mexican Buns" atau yang lebih sering dikenal dengan Rotiboy.

Saat surat tjintah saya terima saya blank banget, secara saya ga pernah sama sekali buat roti, tapi yah we never knew unless we try kan hehe....dah gitu yang lebih bikin panik email surat tjintah itu baru diterima tanngal 29 oktober 2014, dan datelinenya tanggal 31 oktober 2014, dengan browsing sana sini akhirnya saya praktekkan pada tanggal 30 oktober, namun percobaan pertama saya aga kurang sukses karena adonan lengket banget sampe bingung nguleninnya karena nempel sana sini, saya waktu buat startnya jam 14.00  karena sudah aga malam saya putuskan untuk masukin adonan ke cetakan cupcake, dan berhasil loh roti jadi sekitar pukul 21.00....setelah beres-beres dan siap-siap tidur yaitu sekitar pukul 23.00 saya cek email dan ternyata waktu pengumpulan laporan dirubah menjadi tanggal 30 November 2014, cumaaaa...karena udah ngantuk saya pikir laporannya dimajuin jadi 30 Oktober (tepok jidat) langsung saya buru-buru edit foto seadanya dan nyerahin laporan...eh besok paginya ada email ngasih tau kalo saya salah baca tanggal heheehe....jadi malu

Nah karena saking penapsarannya saya ngeliatin youtube berkali-kali tentang pembuatan roti boy dan roti yang menggunakan metode tangzhong/water roux sekalian juga mencari tau kenapa adonan saya ko lengket banget...dan akhirnya saya bener-bener berhasil horee!!! (walaupun aga-aga bocor dikit sih butternya :p)

Not bad for a beginer eh...



Berikut resep dan cara pembuatannya yaa....

Mexican Buns aka Rotiboy
sumber : adaptasi dari The Fresh Loaf dan Wendy Kor Baking Recipes


Adonan 1 - tangzhong/water roux
20 gr   tepung protein tinggi
100 gr susu segar
* Aduk rata, kemudian masak diatas api kecil sampai terbentuk garis2 mengikut adukan sendok, suhunya kurang lebih 65derajat celcius.. dan ingat jangan sampai mendidih ya.
*Sisihkan, tutup dengan cling wrap hingga tersentuh permukaannya supaya tidak mengering membentuk kerak


Tangzhong Starter

Adonan 2: Buns
380 gr tepung protein tinggi
200 gr susu segar, suhu agak hangat
40 gr gula pasir
50 gr telur, kocok lepas
4 gr instant yis
6 gr garam halus
40 gr unsalted butter
keseluruhan adonan tangzhong

Filling:
200 gr butter beku, potong kotak dengan ukuran 2x2x1cm,(saya pakai salted butter)

Topping:
50 gr unsalted butter, lembutkan
50 gr gula pasir
50 gr telur, kocok lepas
70 gr all purpose flour
Coffee / mocha essence secukupnya
**note: essence bisa  diganti dengan membuat campuran  1sdt kopi instant+sedikit air

Cara membuat topping :
Kocok butter dan gula hingga creamy, kemudian masukkan telur dan teruskan mengocok.
Masukkan tepung terigu, dan tambahkan essence coffee/mocha lalu aduk merata,
Masukkan kedalam piping bag
Siap digunakan dan bisa disimpan di icebox hingga 2hari

Cara membuat : 

1. Pisahkan adonan kering dengan adonan basah, campur terigu, gula, ragi dalam satu tempat (terigunya di ayak dulu agar tidak ada gumpalan), kemudian campurkan juga telur yang sudah dikocok, susu hangat dan butter. Setelah itu baru adonan basah dicampur ke dalam mangkok adonan kering, setelah tercampur masukan tangzhong dan garam (garam saya masukkan terakhir agar tidak bersinggungan langsung dengan ragi)



Buns

2. Aduk sampai adonan kalis kemudian diteruskan dengan menguleni manual dengan tangan dengan gerakan seperti mencuci baju, sampai adonan kalis elastis, mulus, licin, tidak mudah robek saat ditarik. Tips untuk menguleni, taburkan sedikit terigu pada alas dan tangan.
3. Kemudian bulatkan dan simpan dalam bowl yang sudah dioles sedikit butter/olive oil, tutup dengan lap lembab bersih dan biarkan rehat kurang lebih 40-60menit atau sampai double size (proofing 1)

 
4. Kempiskan adonan, kemudian timbang masing-masing 55gram dan biarkan 10menit.
5. Giling dengan bantuan rolling pin, kemudian beri filling, kunci dan bulatkan kembali.


6. Letakkan di atas loyang dan biarkan berehat lagi selama 40menit (Proofing 2)
7. Sementara preheat oven pada suhu 190C,  semprotkan topping ke atas bun membentuk lingkaran obat nyamuk, dan panggang pada suhu selama 15-20menit


Fresh from the oven

Tips dari saya, saat mengisi adonan usahakan butter masih dalam keadaan beku agar tidak cepat meleleh, lalu kunci adonan dengan benar-benar rapat, karena klo tidak butter bisa meleleh dan kluar pada saat dipanggang (seperti sebagian roti saya hehe)

Saya lulus tantangan ini looh ;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar